Berternak Perkutut Katuranggan

Perkutut Katuranggan, Menjadi Salah Satu Hobi Dikalagan Pecinta Perkutut

Administrator | Sabtu, 10 April 2010 - 22:32:19 WIB | dibaca: 58593 pembaca


Perkutut Katuranggan

    Berbicara mengenai Perkutut Katuranggan biasanya dikaitkan dengan Perkutut Lokal yang diyakini mempunyai kekuatan gaib “ menurut kepercayaan orang-orang tua kita dahulu terutama pada masyarakat tradisi Jawa dan bukan Perkutut Silang atau sering dikenal Perkutut Bangkok yang banyak kita lihat dan pelihara saat ini yang diyakini sudah tidak lagi memiliki kekuatan gaib sesuai dengan alam pikiran masyarakat modern.

    Kebiasaan menikmati bunyi “ anggungan “ perkutut ini dimulai sejak zaman Majapahit dan memang burung yang satu ini pada waktu itu hanya dipelihara oleh kalangan ningrat kerajaan yang semakin dikembangkan pada  saat keraton Ngayogjakarta Hadiningrat dibawah Sri Sultan Hamnegku Buwono VII pada tahun 1877-1921.

      Perkutut juga diyakini sebagai bilangan ke-lima dari kelengkapan seorang Priya sejati yang sempurna dalam tradisi Jawa yang berlatar kebudayaan keraton yaitu ; Wisma (rumah), Garwa (Istri), Curiga (Keris), Turangga (Kuda) dan Kukila (Perkutut). Perkutut merupakan alat pencipta kepuasan atau kenikmatan pribadi. Suara anggungannya dapat memberikan suasana tenang, teduh, santai bahagia dan seolah-olah manusia dapat berhubungan dengan alam semesta secara langsung.

   Sebagaimana yang telah dikemukakan pada awal tulisan ini, perkutut memiliki keistimewaan luar biasa karena dianggap memiliki kekuatan gaib yang dapat mempengaruhi pemiliknya berdasarkan katuranggan atau ciri mathi, sehingga dipercaya memiliki pengaruh baik (membawa keberuntungan) atau buruk (membawa sial) bagi pemilik atau si pemelihara.

    Untuk mengetahui baik tidaknya seekor perkutut, dapat ditilik berdasarkan katuranggan ( ciri fisik seperti bentuk tubuh, bulu, paruh, kaki ) dan ciri mathi ( sifat, perilaku dan pada saat berbunyi ) yang dapat dijelaskan sebagai berikut ini :

·         Perkutut yang manggung menyongsong terbitnya matahari (gedong mengo), juga yang manggung menyertai terbenamnya matahari (gedong minep), atau dari susunan bunyinya (widana sreku/widah sana gasta gasti), sangat baik dipelihara karena akan mendatangkan rejeki atau menaikkan derajat/pangkat.

·         Hal ini juga berlaku untuk Perkutut yang berbulu putih ditengah kepala (satria kinayungan), perkutut jambul (songgo ratu), bulu ekornya 15 lembar (pandawa mijil), matanya bersinar kuning (mercu jiwa).

·         Sedangkan perkutut yang seluruh bulunya putih bersih atau hitam legam yang dianggap rajanya perkutut, kalau dipelihara akan memberikan keberuntungan.

·         Perkutut yang ekornya terdapat satu bulu putih (buntel mayit), berbulu semu merah (brama susur), berbulu kuning kemerahan (brama labuh geni), berbulu semu hitam (wisnu kucem), bulu pundak putih (candala sabda), manggungnya tengah malam (durga nguwuh) atau siang malam (durga ngerik), tidak baik dipelihara karena pengaruhnya buruk bagi si pemilik/pemilihara.

     Pada saat ini berternak perkutut bangkok sudah banyak dilakukan oleh masyarakat baik yang bersekala kecil hanya dengan 5 – 30 kandang, maupun yang bersekala besar sampai beratus-ratus bahkan beribu kandang. Akan tetapi sangat sulit bahkan hampir langka mencari peternak Perkutut Katuranggan mengingat berternak perkutut katuranggan sepertinya lebih sulit dari pada perkutut bangkok, apalagi bila masih meyakini kekuatan gaib yang dimiliki oleh perkutut katuranggan yaitu bila tidak sesuai dengan latar belakang si pemilik/pemelihara, justru akan membawa bencana atau petaka seperti memiliki keris atau pusaka lainnya. Pada hal prospeknya cukup cerah dan penuh harapan.

     Bagi yang ingin memiliki Perkutut Katuranggan, silahkan berkunjung ke Diamond Bird Farm, telpon : 0818-404096 dengan pemiliknya yang s bernama : Dipo Diamond. Dilokasi rumahnya terdapat tidak kurang dari 10 pasang  Perkutut Katuranggan dan sekitar 20 pasang perkutut silang/bangkok.

     Menurut si pemiliknya, kegiatan penangkaran ini sudah dimulai sejak tahun 1989 dan sudah lebih dari 1000 ekor anakan yang dibeli oleh penggemarnya yang datang dari pelbagai kota seperti Jakarta, Surabaya, Solo, Yogya, Cirebon, dan bahkan luar Jawa.

     Yang berminat memiliki Perkutut Katuranggan, silahkan datang ke- lokasi langsung atau menelpon pemiliknya. Menururt informasi yang diperoleh “ Mas Kawinnya “ yang beraneka ragam sesuai jenis perkututnya yaitu berkisar antara Rp.700.000.- sepasang untuk jenis Perkutut Split yang dapat menurunkan Perkutut Putih sampai Rp.2.500.000.- sepasang untuk jenis Perkutut Udan Mas dan Putih local. Mengingat harganya yang relatif tidak mahal untuk ukuran penggemar Perkutut Bangkok yang harganya berjuta-juta, sehingga hasil piyik ternaknya terjual seperti kacang dan kalau ingin memiliki piyik hasil ternaknya harus memesannya dimuka ( booking ) yang baru dapat diterima 1-2 minggu kemudian. 










Komentar Via Website : 4245
haryono
17 Februari 2013 - 19:03:28 WIB
pak kalau mau beli katuranggan yang jantan aja berapa ya kira2
Yosi
05 Mei 2013 - 02:18:23 WIB
Maaf,saya mau tanya tentang perkutut manggung di tengah malam, kalau manggung jam 1 malam apa termasuk manggung tengah malam pak? Makasih jawabannya,oya saya suka isi website disini,
Include Medical Interpreter
19 Mei 2013 - 22:57:05 WIB
Apa kabar untuk anda semua? Lagi ada berita hangat apa hari ini ya. Soal kuota daging sapi import kali ya ! Mudah mudahan Indonesia bisa menjadi lebih baik lagi dan internet bisa menjadi lebih murah setuju kan!
Meladerm
25 Mei 2013 - 23:06:50 WIB
Lagi semangat nih, mencari info, berita menarik dari internet. Trus kebetulan ketemu dengan anda disini. Saya buka dan baca-baca, woow,,menarik. Pokoknya nggak rugi, terima kasih pak boss.
Sofa Beds
30 Mei 2013 - 08:40:43 WIB
Ini bisa menjadi ruang yang menarik bagi pembaca, dimana bisa menjadi wahana saling berbagi informasi dan promosi. Semoga tetap memberi manfaat bagi kita semua. Terima kasih untuk kesempatan ini.
Specific Web Hosting
07 Juni 2013 - 08:57:31 WIB
thanks a lot untuk semua info yg sangat menarik ini.. kpn2 ane mampir lagi yak.. bye!!
Potenzmittel
08 Juni 2013 - 06:49:20 WIB
Wah lumayan juga nih bola malam ini, Belanda vs Indonesia, masih bisa bertahan hingga babak 2. Kepanasan kali team kompeni persie dkk..he..he..selamat berjuang TIMNAS.
Become A Movie Extra
08 Juni 2013 - 12:05:00 WIB
Numpang sampaikan salam ya ! Selamat buat Fatin shidqia Lubis pemenang X Factor Indonesia. Sangat membanggakan dan semoga menjadi penyanyi yang ngetop.
dan jasa seo
09 Juni 2013 - 20:15:54 WIB
aky ucapin trims banget lho, ini infonya unik sekali
Our Sofa Beds
11 Juni 2013 - 09:42:15 WIB
Pengen duduk di sofa empuk sambil online? Dapatkan sofanya di tempat kami, dijamin anda akan mendapatkan sofa dengan kualitas import. :D
AwalKembali 123... 425 Lanjut Akhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)